MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH WALANGKOPO KEDUNGKUMPUL SARIREJO LAMONGAN

Selasa, 07 Juli 2020

RUMUS PERHITUNGAN EVALUASI DIRI MADRASAH


  1. Penghitungan Skor Kinerja Pencapaian Mutu (SKPM)
Setelah semua indikator di kelima aspek dalam EDM telah diisi oleh TPM, selanjutnya dilakukan penilaian SKPM madrasah. SKPM dihitung berdasarkan level pencapaian setiap indikator dan bobot masing-masing indikator.
  1. Pembobotan Indikator
Setiap indikator diberikan bobot yang berbeda sebagaimana dalam Tabel 2. Bobot diberikan berdasarkan tingkat kepentingannya dalam menggambarkan kinerja mutu madrasah.



 Tabel 2. Bobot setiap indikator di setiap aspek
A. Kedisiplinan
Indikator
Bobot

C. Proses Pembelajaran
Indikator
Bobot
A1
4

C1
3
A2
4

C2
3
A3
3

C3
3
A4
3

C4
3
A5
2

C5
4
A6
2

C6
3
A7
3

C7
4
Total
21

Total
23







B. Pengembangan Diri
Indikator
Bobot

D. Sarpras
Indikator
Bobot
B1
2

D1
3
B2
4

D2
3
B3
3

D3
3
B4
2

D4
4
B5
2

D5
4
B6
2

Total
17
Total
15








E. Pembiayaan
Indikator
Bobot




E1
4




E2
3




E3
2




E4
2




Total
11

Catatan: Pertanyaan B5 tidak diberlakukan untuk MI
  1. Menghitung Skor Tertimbang Maksimum (STM) Setiap Aspek
Skor Tertimbang Maksimum untuk masing-masing aspek diperoleh dengan rumus:
STM Aspek-i = (Skor Butir Maksimun)x(Jumlah Bobot Indikator Aspek-i)

Tabel 3 adalah jumlah skor tertimbang maksimum untuk kelima aspek.




Tabel 3. Skor Tertimbang Maksimum (STM) Setiap Aspek

No
Aspek
Skor Maksimum Indikator
Jumlah Bobot Indikator
Skor Tertimbang Maksimum
MI
MTs/MA
MI
MTs/
MA
A
Kedisiplinan
4
21
21
84
84
B
Pengembangan Diri
4
13
15
52
60
C
Proses Pembelajaran
4
23
23
92
92
D
Sarpras
4
17
17
68
68
E
Pembiayaan
4
11
11
44
44


  1. Menghitung Skor Penilaian Tertimbang (SPT)
Setelah skor setiap indikator dalam EDM terisi, kemudian dihitung SPT setiap aspek. Sebagai contoh hasil pengisian EDM seperti pada Tabel 4 kolom 3, maka SPT setiap indikator (kolom 5) diperoleh dari rumus:

SPT Indikator ke-j = (Skor Penilaian-j) x (Bobot indikator-j)

Setelah dihitung SPT setiap indikator, selanjutnya dihitung total skor penilaian  tertimbang setiap aspek yang merupakan jumlah dari SPT seluruh indikator di setiap aspek.

Total SPT Aspek-i =


Tabel 4 adalah contoh hasil penilaian TPM terhadap setiap indikator.
Tabel 4. Contoh Hasil Perhitungan SPT Berdasarkan Hasil EDM (MTs/MA)

A. Kedisiplinan
Indikator
Hasil Penilaian TIM
Bobot
Skor Tertimbang Perolehan
A1
3
4
12
A2
4
4
16
A3
3
3
9
A4
2
3
6
A5
4
2
8
A6
3
2
6
A7
3
3
9
Total

21
66
B. Pengembangan Diri
B1
4
2
8
B2
3
4
12
B3
3
3
9
B4
4
2
8
B5
4
2
8
B6
2
2
4
Total

15
49
C. Proses Pembelajaran
C1
3
3
9
C2
4
3
12
C3
4
3
12
C4
4
3
12
C5
4
4
16
C6
3
3
9
C7
2
4
8
Total

23
78
D. Sarpras
D1
3
3
9
D2
4
3
12
D3
3
3
9
D4
3
4
12
D5
4
4
16
Total

17
58
E. Pembiayaan
E1
3
4
12
E2
3
3
9
E3
3
2
6
E4
4
2
8
Total

11
35

Dari contoh pada Tabel 4, maka total SPT setiap aspek diperoleh sebagai berikut:
  • Total SPT Aspek Kedisiplinan=66
  • Total SPT Aspek Pengembangan Diri=49
  • Total SPT Aspek Proses Pembelajaran=78
  • Total SPT Aspek Sarpras=58
  • Total SPT Aspek Pembiayaan=35
    1. Menghitung Skor Kinerja Pencapaian Mutu (SKPM)
Setelah total SPT setiap aspek dihitung, selanjutnya dilakukan perhitungan terhadap SKPM setiap aspek seperti rumus berikut:  

SKPM Aspek-i=  x 10

Hasil perhitungan SKPM setiap aspek diperoleh:
  • Skor Kedisiplinan=  x 10 = 7,86
  • Skor Pengembangan Diri=  x 10 = 8,17
  • Skor Proses Pembelajaran=  x 10 = 8,42
  • Skor Sarpras=  x 10 = 8,53
  • Skor Pembiayaan=  x 10 = 7,95

Selanjutnya SKPM dihitung dari rata-rata skor dari ke-5 aspek dengan rumus:

SKPM= =  =8,20



Tabel 5. Contoh hasil perhitungan SKPM (MTs/MA)

Aspek
Skor Tertimbang Maksimum
Skor Tertimbang Perolehan
 Nilai Kinerja 
Kedisiplinan
84
66
7,86
Pengembangan Diri
60
49
8,17
Proses Pembelajaran
92
78
8,48
Sarpras
68
58
8,53
Pembiayaan
44
35
7,95

  1. Pengkategorian Kinerja
Skor aspek maupun SKPM berkisar antara 0 s/d 10 yang mencirikan tingkat pencapaian kinerja mutu madrasah. Kinerja pencapaian mutu dikategorikan sebagai berikut:
  • Kurang apabila Skor ≤4,
  • Cukup apabila berkisar skor antara 4<Skor≤6,
  • Baik apabila skor antara 6<Skor≤8
  • Sangat Baik  apabila Skor >8

Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa madrasah tersebut memiliki kinerja mutu pendidikan dengan kategori Sangat Baik karena memiliki Skor=8,2. Meskipun demikian, dari kelima aspek tersebut, yang masih perlu diperbaiki adalah Aspek Kedisiplinan dan Aspek Perencanaan Pembiayaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari saling berbagi kebaikan
Silahkan Komentar pada kolom dibawah ini !