Sejak dikeluarkannya Surat Edaran dari Kemenag Kabupten Lamongan tertanggal 16 Maret 2020 nomor : B-2011/Kk.13.18.2/HM.01/03/2020 tentang Penyampaian Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona/Covid-19. Salah satu isi surat tersebut adalah tentang Instruksi melakukan pembelajran dirumah bagi seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD, RA, MI, MTs, dan MA baik Negeri maupun swasta yang dimulai pada tanggal 16 Maret 2020, maka seluruh aktivitas pembelajaran untuk siswa harus dilakukan dirumah siswa itu sendiri.
Guru harus berusaha dengan semaksimal mungkin agar semua proses pembelajaran bisa terlaksana seperti biasanya. Untuk itu Guru harus cermat dalam proses pembelajaran yang dilakukan karena tidak bisa bertemu langsung dengan siswa melainkan sebatas lewat group wa.
dibawah ini adalah Laporan Kinerja Guru Kelas Enam (VI) MI Islamiyah Walangkopo yang setiap hari harus dilaporkan kepada kepala madrasah.
Nama : ANISAH, S.Pd
Bagi yang menginginkan contoh dalam bentuk file
Silahkan tulis nama email atau no wa pada kolom komentar !
LAPORAN KINERJA
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MIS ISLAMIYAH
SESUAI EDARAN MENTERI AGAMA SE-NO.2 TAHUN 2020
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MIS ISLAMIYAH
SESUAI EDARAN MENTERI AGAMA SE-NO.2 TAHUN 2020
TENTANG BEKERJA DARI RUMAH
(PENYESUAIAN
SISTEM KERJA ASN/TENAGA KONTRAK DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19)
Nama : ANISAH,
S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Rabu,
1 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00 - 12.00
|
1. Menjelasan anak
bilangan pecahan biasa dan campuran
2. Memberi contoh
bilangan pecahan biasa dan campuran
melalui YouTube
3. Tanya jawab pemecahan
soal pecahan biasa dan campuran( soal melalui hp dan jawaban dikirim melalui
hp)
4. Pembahasan jawaban
5. Guru memberi umpan
balik pada siswa mengenai jawaban yang seharusnya benar jikalau ada jawaban
siswa yang kurang benar
6. pemberian tugas
tambahan untuk pemantapan pembelajaran mengenai pecahan biasa dan campuran
|
1. Siswa mengirim bukti
fisik berupa jawaban melalui WA
2. Guru memberikan umpan
balik terhadap siswa jika ada jawaban yang kurang benar
3. Siswa mendapat nilai
yang baik dengan hasil kerja kerasnya belajar di rumah
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik, Aswaja
Hari/Tanggal: Kamis, 2 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00 - 12.00
|
Tematik
1. Membuat poster tentang
"virus Corona" dan dijelaskan melalui mengirim video lewat WA
2. Penjelasan tentang
fotosintesis hewan melalui YouTube
3. Menugaskan siswa
membuat gambar fotosintesis hewan beserta penjelasannya di buku tugas,
kemudian difoto dan dikirim ke group WA.
Aswaja
1. Menugaskan siswa
menjawab soal" Quizizz yang diberikan melalui Link yang disediakan oleh
guru"
|
Tematik
§ Hasil gambar dikirim lewat Wa
Aswaja
§ Setelah selesai menjawab siswa mengirimkan hasil yang diperoleh
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Jumat, 3 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1.
Senam di rumah masing-masing ( senam penanggulangan
virus Corona)
2.
Berjemur di halaman rumah
3.
Jumat bersih( Bersih - bersih rumah )
|
·
Semua anak mengirimkan
foto aktifitas yang dilakukan di rumah masing - masing
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Hari/Tanggal: Sabtu, 4 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00 - 12.00
|
Bahasa Inggris
1. Listening
Menirukan ungkapan yang disampaikan oleh guru
2. Writing
Membuat kalimat melalui foto kegiatan sendiri
3. Reading
Membaca hasil kalimat yang sudah ditulis |
§ Anak antusias
memperhatikan ungkapan yang disampaikan dengan benar baik vocal dan
vocabulary nya sesuai.
§ Anak Selfi kemudian
membuat kalimat bahasa Indonesia lalu diubah ke dalam bahasa Inggris
§ Anak membaca hasil
pekerjaannya dengan benar
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik, Aqidah akhlak
Hari/Tanggal: Senin, 6 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00 - 12.00
|
Tematik
1. Menugaskan siswa untuk
bercerita pengalaman selama belajar di rumah melalui video
Akidah akhlak
1. Menugaskan siswa
belajar sambil bermain dengan quizizz
|
§
dalam pembelajaran tematik
Melatih kemampuan berbahasa siswa dengan baik, melatih mental, serta menunjukkan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
§
dalam pembelajaran akidah akhlak
Anak dengan semangat mengerjakan soal sambil mendengarkan Musik dan berlomba untuk mendapatkan rank 1. |
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Selasa, 7 April 2020
Hari/Tanggal: Selasa, 7 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. Memahami mentor
halaman 20
2. Tanya jawab (mandiri
dari guru)
3. Membuat soal dari
bacaan pada mentor halaman 20 sebanyak 10 soal dengan pola 5W1H( tugas
mandiri)
4. Membuat soal dari
bacaan dan menjawab (tugas kelompok)
5. penilaian
|
· Anak merespon bacaan pada mentor dengan baik
· Anak bisa membuat pertanyaan dengan menggunakan pola 5W1H
· Anak sangat kompak dengan kelompoknya masing-masing
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Rabu, 8 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. menjelaskan bilangan
bulat negatif (termasuk garisnya)
2. Pemberian contoh soal
dan pembahasan
3. latihan soal individu
4.latihan soal kelompok (pada mentor)
4. pembahasan dan
penilaian
|
·
Semua anak memahami materi dan bisa menjawab soal dengan baik
serta mendapatkan hasil yang baik pula
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Kamis, 9 April 2020
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Kamis, 9 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. Pengulasan kembali
tema 6 sub tema 1
2. Guru mendemostrasikan
materi dengan media gambar (dengan mengirim gambar melalui WA dengan
keterangannya)
3. Tanya jawab lisan (
melalui video call)
4. Latihan soal (tugas
individu yang harus dikirim melalui WA)
5. Tugas kelompok
(bertanya kepada teman secara lisan melalui wa)
6. penilaian dan
pemberian umpan balik terhadap tugas siswa.
|
·
Semua siswa mendapat
nilai yang memuaskan
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Alquran Hadits
Hari/Tanggal:Sabtu, 11 April 2020
Hari/Tanggal:Sabtu, 11 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. membaca surat
al-bayyinah beserta artinya dengan menggunakan metode Taelerend
method.(dikirim melalui video)
2. Memahami jumlah ayat
surat Al-bayyinah secara individu
3. Memahami isi kandungan
dari surat Al-bayyinah
4. Menulis surat
Al-bayyinah tugas individu(hasil dikirim melalui WA)
5. Tugas kelompok (2
kelompok)1 anak membaca semua ayat surat Al-bayyinah dan 1 anak lagi membaca
artinya.(tugas di videokan)
|
·
Melalui penilaian observasi : siswa semuanya antusias dalam
mempelajari surat Al-bayyinah
·
Melalui penilaian keterampilan semua mendapat hasil yang
memuaskan.
·
Melalui penilaian pengetahuan : semua siswa memahami isi
kandungan pada masing-masing ayat.
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Senin, 13 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. mambaca dan memahami isi bacaan pada mentor halaman 21 tentang
menyusun berbagai teks narasi dan deskripsi
2. guru memberikan contoh dan perbedaan antara teks narasi dan deskripsi melalui foto
dikirim di WA
3. Siswa merangkum bacaan pada mentor halaman 21 dengan metode resitasi(tugas
individu dan hasil tulisan dikirim melalui WA)
4. Tugas membuat teks narasi dan deskripsi(di baca melalui video
dan dikirim melalui WA)
|
·
Secara pengetahuan
siswa bisa membedakan bagaimana teks narasi dan deskripsi
Keterampilan :
·
Siswa secara individu
bisa merangkum dengan susunan kata-kata yang baik
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Selasa, 14 April 2020
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Selasa, 14 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. Menugaskan siswa untuk belajar melalui TV (TVRI)
|
·
Anak- anak mengirim
hasil pembelajaran melalui foto
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Rabu, 15 April 2020
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Rabu, 15 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. Memahami penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
dengan melibatkan bilangan bulat negatif pada buku LKS.
2. Contoh soal dan penyelesaian
3. Latihan soal pada buku mentor(hasil dikirim melalui WA)
4. Pembahasan
5. penilaian dan umpan balik dari guru ke siswa melalui WA
|
·
Siswa bisa memahami
materi jika sudah di kasih contoh dan latihan soal
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Kamis, 16 April 2020
Hari/Tanggal: Kamis, 16 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
1. Memahami materi tentang "laporan" pada mentor halaman
22
2. guru menuliskan struktur susunan penulisan laporan secara benar
melalui WA
3. Guru menugaskan siswa melakukan penelitian dengan topik kondisi
dan kebersihan rumahnya masing-masing dan menulis laporan secara benar.
4. Hasil laporan di baca dan divideokan kemudian dikirim melalui WA
5. Penilaian dan umpan balik guru terhadap siswa.
|
·
Siswa secara mandiri
melakukan penelitian dan menulis laporan dengan baik
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : TematikNIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Hari/Tanggal: Jumat, 17 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
- Kegiatan awal
1. Salam 2. Sapa menyapa 3. Pre test melalui suara di wa sesuai tema yang akan dipelajari - Inti 1. Senam irama bebas (hasil video dikirim) 2. Memahami apa 5WIH 3. Memahami fungsi dan kegunaan 5W1H 4. Guru menjelaskan dan memberi contoh kalimat tanya yang menggunakan 5W1H 5. Siswa menulis kalimat tanya 5W1H (hasil tulisan dikirim melalui WA) (post test) 5.penilaian dan umpan balik terhadap siswa - Penutup 1. Mereview pembelajaran yang telah diberikan 2.pesan guru kepada siswa 3.doa dan salam |
·
Observasi: siswa
terlihat malu saat mengirimkan gambar video
·
Penilaian pengetahuan:
siswa langsung tanggap dalam pemahaman materi dan membuat kalimat dengan baik
·
Penilaian keterampilan:
siswa terampil saat senam dan merangkai kata 5W1H
|
Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : TematikNIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Hari/Tanggal: Sabtu, 18 April 2020
NO
|
PUKUL
|
URAIAN KEGIATAN
|
HASIL/
OUTPUT
|
1
|
07.00
- 12.00
|
Kegiatan awal
1.
Salam dan tanya kabar melalui pesan suara, serta
menanyakan kesiapan belajar pada anak.
2.
Berdoa
3.
Tepuk PPK
4.
Pre test yang berhubungan dengan tema yang diajarkan
melalui pesan suara.
Kegiatan inti
1.
Menugaskan siswa untuk melihat acara di TV pada
channel TVRI dengan materi pembelajaran Matematika (geometri :kubus dan
rumusnya) dengan metode pembelajaran problem solving.
2.
Fiqih
- Membaca dan memahami materi tentang barang temuan. - menulis kembali dengan menggunakan metode pembelajaran Resitasi Kegiatan akhir
1.
Guru mereview pembelajaran dari awal sampai akhir
melalui pesan suara.
2.
pemberian umpan balik terhadap tugas siswa.
3.
Pesan terhadap siswa
4.
berdo'a
|
·
Pada acara TVRI
Respon siswa sangat bagus karena penjelasan pada acara tersebut sangat jelas dan mudah difahami.
·
Pada pembelajaran Fiqih
- Siswa antusias membaca dengan pelan dan memperhatikan tanda bacanya serta teliti supaya bisa menulis ulang/meringkas materi yang telah dibaca dengan metode Resitasi. - Siswa sangat senang dengan metode Resitasi ini karena meringkas dengan menambah kata - katanya sendiri.( Hasil tulisan difoto dan dikirim melalui WA) |
Silahkan tulis nama email atau no wa pada kolom komentar !
nurulhuda8019@gmail.com
BalasHapussaifberu@gmail.com
BalasHapusnurulhuda8019@gmail.com
BalasHapusSiap
Hapus082132872537
BalasHapusok
Hapus