MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH WALANGKOPO KEDUNGKUMPUL SARIREJO LAMONGAN

Sabtu, 18 April 2020

LAPORAN KINERJA GURU KELAS ENAM (VI)

Sejak dikeluarkannya Surat Edaran dari Kemenag Kabupten Lamongan tertanggal 16 Maret 2020 nomor : B-2011/Kk.13.18.2/HM.01/03/2020 tentang Penyampaian Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona/Covid-19. Salah satu isi surat tersebut adalah tentang Instruksi melakukan pembelajran dirumah bagi seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD, RA, MI, MTs, dan MA baik Negeri maupun swasta yang dimulai pada tanggal 16 Maret 2020, maka seluruh aktivitas pembelajaran untuk siswa harus dilakukan dirumah siswa itu sendiri.

Guru harus berusaha dengan semaksimal mungkin agar semua proses pembelajaran bisa terlaksana seperti biasanya. Untuk itu Guru harus cermat dalam proses pembelajaran yang dilakukan karena tidak bisa bertemu langsung dengan siswa melainkan sebatas lewat group wa.
dibawah ini adalah Laporan Kinerja Guru Kelas Enam (VI) MI Islamiyah Walangkopo yang setiap hari harus dilaporkan kepada kepala madrasah.


LAPORAN KINERJA
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MIS ISLAMIYAH
SESUAI EDARAN MENTERI AGAMA SE-NO.2 TAHUN 2020
TENTANG BEKERJA DARI RUMAH
(PENYESUAIAN SISTEM KERJA ASN/TENAGA KONTRAK DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19)

Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Rabu, 1 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    Menjelasan anak bilangan pecahan biasa dan campuran
2.    Memberi contoh bilangan pecahan biasa  dan campuran melalui YouTube
3.    Tanya jawab pemecahan soal pecahan biasa dan campuran( soal melalui hp dan jawaban dikirim melalui hp)
4.    Pembahasan jawaban
5.    Guru memberi umpan balik pada siswa mengenai jawaban yang seharusnya benar jikalau ada jawaban siswa yang kurang benar
6.    pemberian tugas tambahan untuk pemantapan pembelajaran mengenai pecahan biasa dan campuran

1.  Siswa mengirim bukti fisik berupa jawaban melalui WA
2.  Guru memberikan umpan balik terhadap siswa jika ada jawaban yang kurang benar
3.  Siswa mendapat nilai yang baik dengan hasil kerja kerasnya belajar di rumah



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik, Aswaja
Hari/Tanggal: Kamis, 2 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
Tematik
1.  Membuat poster tentang "virus Corona" dan dijelaskan melalui mengirim video lewat WA
2.  Penjelasan tentang fotosintesis hewan melalui YouTube
3.  Menugaskan siswa membuat gambar fotosintesis hewan beserta penjelasannya di buku tugas, kemudian difoto dan dikirim ke group WA.

Aswaja
1.  Menugaskan siswa menjawab soal" Quizizz yang diberikan melalui Link yang disediakan oleh guru"

Tematik
§  Hasil gambar dikirim lewat Wa

Aswaja
§  Setelah selesai menjawab siswa mengirimkan hasil yang diperoleh


Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Jumat, 3 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    Senam di rumah masing-masing ( senam penanggulangan virus Corona)
2.    Berjemur di halaman rumah
3.    Jumat bersih( Bersih - bersih rumah )


·        Semua anak mengirimkan foto aktifitas yang dilakukan di rumah masing - masing


Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Hari/Tanggal: Sabtu, 4 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
Bahasa Inggris
1.    Listening
Menirukan ungkapan yang disampaikan oleh guru
2.    Writing
Membuat kalimat melalui foto kegiatan sendiri
3.    Reading
Membaca hasil kalimat yang sudah ditulis

§  Anak antusias memperhatikan ungkapan yang disampaikan dengan benar baik vocal dan vocabulary nya sesuai.
§  Anak Selfi kemudian membuat kalimat bahasa Indonesia lalu diubah ke dalam bahasa Inggris
§  Anak membaca hasil pekerjaannya dengan benar


Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik, Aqidah akhlak
Hari/Tanggal: Senin, 6 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
Tematik
1.  Menugaskan siswa untuk bercerita pengalaman selama belajar di rumah melalui video

Akidah akhlak

1.  Menugaskan siswa belajar sambil bermain dengan quizizz


§  dalam pembelajaran tematik
Melatih kemampuan berbahasa siswa dengan baik, melatih mental, serta menunjukkan  tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
§  dalam pembelajaran akidah akhlak
Anak dengan semangat mengerjakan soal sambil mendengarkan Musik dan berlomba untuk mendapatkan rank 1.



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Selasa, 7 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.  Memahami mentor halaman 20
2.  Tanya jawab (mandiri dari guru)
3.  Membuat soal dari bacaan pada mentor halaman 20 sebanyak 10 soal dengan pola 5W1H( tugas mandiri)
4.  Membuat soal dari bacaan dan menjawab (tugas kelompok)
5.  penilaian

·      Anak merespon bacaan pada mentor dengan baik
·      Anak bisa membuat pertanyaan dengan menggunakan pola 5W1H
·      Anak sangat kompak dengan kelompoknya masing-masing



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Rabu, 8 April  2020


NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk garisnya)
2.    Pemberian contoh soal dan pembahasan
3.    latihan soal individu
4.latihan soal kelompok (pada mentor)
4.    pembahasan dan penilaian

·         Semua anak memahami materi dan bisa menjawab soal dengan baik serta mendapatkan hasil yang baik pula


Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Kamis, 9 April  2020


NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    Pengulasan kembali tema 6 sub tema 1
2.    Guru mendemostrasikan materi dengan media gambar (dengan mengirim gambar melalui WA dengan keterangannya)
3.    Tanya jawab lisan ( melalui video call)
4.    Latihan soal (tugas individu yang harus dikirim melalui WA)
5.    Tugas kelompok (bertanya kepada teman secara lisan melalui wa)
6.    penilaian dan pemberian umpan balik terhadap tugas siswa.

·         Semua siswa mendapat nilai yang memuaskan



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Alquran Hadits
Hari/Tanggal:Sabtu, 11 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    membaca surat al-bayyinah beserta artinya dengan menggunakan metode Taelerend method.(dikirim melalui video)
2.    Memahami jumlah ayat surat Al-bayyinah secara individu
3.    Memahami isi kandungan dari surat Al-bayyinah
4.    Menulis surat Al-bayyinah tugas individu(hasil dikirim melalui WA)
5.    Tugas kelompok (2 kelompok)1 anak membaca semua ayat surat Al-bayyinah dan 1 anak lagi membaca artinya.(tugas di videokan)

·         Melalui penilaian observasi : siswa semuanya antusias dalam mempelajari surat Al-bayyinah
·         Melalui penilaian keterampilan semua mendapat hasil yang memuaskan.
·         Melalui penilaian pengetahuan : semua siswa memahami isi kandungan pada masing-masing ayat.


Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Senin, 13 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    mambaca dan memahami isi bacaan pada mentor halaman 21 tentang menyusun berbagai teks narasi dan deskripsi
2.    guru memberikan contoh dan perbedaan antara  teks narasi dan deskripsi melalui foto dikirim di WA
3.    Siswa merangkum bacaan pada mentor halaman 21 dengan metode resitasi(tugas individu dan hasil tulisan dikirim melalui WA)
4.    Tugas membuat teks narasi dan deskripsi(di baca melalui video dan dikirim melalui WA)

·        Secara pengetahuan siswa bisa membedakan bagaimana teks narasi dan deskripsi
Keterampilan :
·        Siswa secara individu bisa merangkum dengan susunan kata-kata yang baik



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal:Selasa, 14 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    Menugaskan siswa untuk belajar melalui TV (TVRI)

·        Anak- anak mengirim hasil pembelajaran melalui foto



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Rabu, 15 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    Memahami penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan melibatkan bilangan bulat negatif pada buku LKS.
2.    Contoh soal dan penyelesaian
3.    Latihan soal pada buku mentor(hasil dikirim melalui WA)
4.    Pembahasan
5.    penilaian dan umpan balik dari guru ke siswa melalui WA

·         Siswa bisa memahami materi jika sudah di kasih contoh dan latihan soal



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Kamis, 16 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
1.    Memahami materi tentang "laporan" pada mentor halaman 22
2.    guru menuliskan struktur susunan penulisan laporan secara benar melalui WA
3.    Guru menugaskan siswa melakukan penelitian dengan topik kondisi dan kebersihan rumahnya masing-masing dan menulis laporan secara benar.
4.    Hasil laporan di baca dan divideokan kemudian dikirim melalui WA
5.    Penilaian dan umpan balik guru terhadap siswa.

·         Siswa secara mandiri melakukan penelitian dan menulis laporan dengan baik



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Jumat, 17 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
- Kegiatan awal
1. Salam
2. Sapa menyapa
3. Pre test melalui suara di wa sesuai tema yang akan dipelajari
- Inti
1. Senam irama bebas (hasil video dikirim)
2. Memahami apa 5WIH
3. Memahami fungsi dan kegunaan 5W1H
4. Guru menjelaskan dan memberi contoh kalimat tanya yang menggunakan 5W1H
5. Siswa menulis kalimat tanya 5W1H (hasil tulisan dikirim melalui WA) (post test)
5.penilaian dan umpan balik terhadap siswa
- Penutup
1. Mereview pembelajaran yang telah diberikan
2.pesan guru kepada siswa
3.doa dan salam

·         Observasi: siswa terlihat malu saat mengirimkan gambar video
·         Penilaian pengetahuan: siswa langsung tanggap dalam pemahaman materi dan membuat kalimat dengan baik
·         Penilaian keterampilan: siswa terampil saat senam dan merangkai kata 5W1H



Nama : ANISAH, S.Pd
NIP/Pangkat/Gol : -
Jabatan : Guru Kelas 6 (enam)
Mata Pelajaran : Tematik
Hari/Tanggal: Sabtu, 18 April  2020

NO
PUKUL
URAIAN KEGIATAN
HASIL/
OUTPUT
1
07.00 -  12.00
          Kegiatan awal
1.    Salam dan tanya kabar melalui pesan suara, serta menanyakan kesiapan belajar pada anak.
2.    Berdoa
3.    Tepuk PPK
4.    Pre test yang berhubungan dengan tema yang diajarkan melalui pesan suara.
Kegiatan inti

1.    Menugaskan siswa untuk melihat acara di TV pada channel TVRI dengan materi pembelajaran Matematika (geometri :kubus dan rumusnya) dengan metode pembelajaran problem solving.
2.    Fiqih
- Membaca dan memahami materi tentang barang temuan.
- menulis kembali dengan menggunakan metode pembelajaran Resitasi

Kegiatan akhir
1.    Guru mereview pembelajaran dari awal sampai akhir melalui pesan suara.
2.    pemberian umpan balik terhadap tugas siswa.
3.    Pesan terhadap siswa
4.    berdo'a


·        Pada acara TVRI
Respon siswa sangat bagus karena penjelasan pada acara tersebut sangat jelas dan mudah difahami.
·         Pada pembelajaran Fiqih
- Siswa antusias membaca dengan pelan dan memperhatikan tanda bacanya serta teliti supaya bisa menulis ulang/meringkas materi yang telah dibaca dengan metode Resitasi.
- Siswa sangat senang dengan metode Resitasi ini karena meringkas dengan menambah kata - katanya sendiri.( Hasil tulisan difoto dan dikirim melalui WA)




Bagi yang menginginkan contoh dalam bentuk file
Silahkan tulis nama email atau no wa pada kolom komentar !

6 komentar:

Mari saling berbagi kebaikan
Silahkan Komentar pada kolom dibawah ini !